Edi Damansyah Serahkan Bantuan Kepada Kelompok dan Komunitas Seni Kukar

Edi Damansyah Serahkan Bantuan Kepada Kelompok dan Komunitas Seni Kukar

KUTAI KARTANEGARA – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah menyerahkan bantuan alat kesenian kepada kelompok seni dan komunitas seni, serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pemangku adat, dan Mitraden Se-Kabupaten Kukar. Penyerahan dilakukan di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Kamis (25/01/2024).

“Saya yakin adanya kelompok seni dan kelompok sadar wisata ini akan memancing peningkatan pembangunan di Kukar,” ujar Bupati Edi Damansyah dalam sambutannya pada acara penyerahan itu. Dia menyebutkan. adanya kelompok seni yang berkembang ini menunjukkan bahwa kultur dari masyarakat begitu kuat. Termasuk kebudayaan dan tradisi yang hidup di tanah Kukar.

Menurut bupati, kehadiran Pokdarwis memacu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar untuk memfasilitasi dan memberikan ruang latihan dalam mengembangkan bentuk pelestarian budaya seperti ini.

“Saya sangat mengapresiasi ini sebab pengembangan destinasi wisata itu lebih besar dari keinginan masyarakat. Ini karena memang ada peluang dan kebutuhan ekonomi yang dibutuhkan, sehingga dengan situasi dan kondisi seperti itu, kreativitas itu bisa muncul. Kemudian kita akan hadir untuk menguatkan kelompok budaya yang terbentuk itu,” papar bupati.

Pokdarwis, pemangku adat, dan Mitraden yang menerima bantuan adalah Pokdarwis Pantai Biru Kersik di Kecamatan (Kec.) Marang Kayu, yang menerima Banana Boat. Pokdarwis Teraat Budaya Dusun Putaq Loa Duri Ilir menerima papan nama home stay dan esih genset alat musik tradisional.

Pemangku adat Kaharingan Dayak Benuaq dan Bentian di Kec. Loa Janan dan Mitraden di Kec. Anggana menerima bantuan alat musik Belian. “Salah satu fokus pembangunan kita adalah pembangunan manusia yang berbudaya, sehingga dengan kekuatan sosial yang sudah ada di masyarakat ini, kita hanya perlu memfasilitasi sebagai dukungan,” tutup Edi Damansyah.

Redaksi 02

Advertorial Berita Daerah Pemkab Kutai Kartanegara