Pekan Depan Haul Habib Ali, Ini Rencana Pengaturan Lalu Lintas oleh Dishub Solo

Pekan Depan Haul Habib Ali, Ini Rencana Pengaturan Lalu Lintas oleh Dishub Solo

SOLO – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo. Dilansir dari Espos.id, Dishub Kota Solo bakal menerapkan manajemen rekayasa lalu lintas (MRLL) di area Masjid Riyadh, Jl Kapten Mulyadi, Pasar Kliwon, selama acara Haul ke-113 Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi pada 22-24 Oktober mendatang.

Kabid Lalu Lintas Dishub Solo, Ari Wibowo, saat dihubungi Espos, Jumat (18/10/2024), menyampaikan penerapan MRLL akan dimulai pada Selasa (22/10/2024).

“Hal ini berdasarkan koordinasi dengan panitia penyelenggara dan pengalaman dari tahun sebelumnya, bahwa pada hari awal Haul Solo kemungkinan tidak begitu ramai, jadi 20-21 Oktober 2024 untuk persiapan kami dan mulai penerapan pada 22-24 Oktober,” kata Ari.

Adapun MRLL yang akan diterapkan Dishub Solo yakni penutupan Jl Kapten Mulyadi, mulai dari Simpang Pasar Kliwon hingga Simpang Baturono. Penutupan akan berlaku mulai pukul 12.00 WIB pada 22 Oktober 2024 hingga pukul 12.00 WIB pada 24 Oktober 2024.

Lebih lanjut, Ari menjelaskan arus lalu lintas dari utara yang akan menuju Sukoharjo dan Wonogiri harus belok kanan di Simpang Loji Wetan melalui Jl Mayor Kusmanto, Jl Jenderal Sudirman, Bundaran Gladag, hingga contraflow di Jl Slamet Riyadi. Kemudian belok kiri di Simpang Nonongan masuk ke Jl Yos Sudarso dan melanjutkan ke selatan (arah Sukoharjo-Wonogiri).

“Selama MRLL itu juga nanti akan ada pengalihan arus lalu lintas dari Bundaran Gladag ke Simpang Nonongan via jalur contra flow BST,” tambahnya.

Personel Pengamanan

Selain itu, arus lalu lintas dari Jl Kyai Mojo yang akan menuju pusat kota harus belok kiri ke JI Sungai Serang dilanjutkan ke JI Kahar Muzakir, Jl Brigjen Sudiarto, Jl Veteran, JI Yos Sudarso, lanjut ke utara menuju Jl Slamet Riyadi.

“Untuk Jl Kahar Muzakir di simpang Jl Brigjen Sudiarto hingga simpang Jl Kusumodilagan akan diberlakukan dua arah pada hari terakhir. Ini akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan nanti,” kata dia.

Selama penerapan MRLL untuk acara Haul ke-113 Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi nanti, Dishub Solo akan menerjunkan lebih kurang 100 personel.

Terpisah, Kapolresta Solo, Kombes Pol Iwan Saktiadi, saat ditemui awak media di Mapolresta Solo, Kamis (17/10/2024), menyampaikan akan menggelar pengamanan dengan melibatkan lebih kurang 391 personel gabungan untuk acara Haul Habib Ali di Pasar Kliwon.

“Personel gabungan itu di antaranya TNI-Polri, Dishub Solo, Damkar Solo, Satpol PP, serta beberapa orgama Islam yang nantinya akan membantu penyelenggaraan Haul Solo,” kata dia.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan langkah-langkah pengamanan dan MRLL diterapkan guna memberi ruang bagi penyelenggaraan Haul Solo dan agar aktivitas sehari-hari masyarakat sekitar tidak terganggu.

“Apa pun itu jika nantinya kami [Polresta Solo] dimintai bantuan untuk pengamanan akan siap membantu. Demi kelancaran acara sekaligus agar masyarakat tidak ada yang terganggu aktivitasnya atau menghadapi kemacetan di sana,” jelasnya.[]

Putri Aulia Maharani

Berita Daerah Berita Lainnya