Didukung Umat Buddha, Gus Makki Dianggap Sebagai Tokoh Muslim Nasionalis di Banyuwangi

Didukung Umat Buddha, Gus Makki Dianggap Sebagai Tokoh Muslim Nasionalis di Banyuwangi

BANYUWANGI – Calon Bupati Banyuwangi H. Ali Makki Zaini atau Gus Makki bersilaturahmi dengan umat buddha.

Sebagaimana dilansir dari RadarJatim.id, Kedatangan Gus Makki ini disambut dengan baik oleh para sesepuh-sesepuh umat buddha saat di Vihara Dhamma Harja yang berlokasi di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi.

Kali ini, Gus Makki silaturahmi sekaligus meminta doa kepada umat Buddha atas pencalonannya sebagai Calon Bupati Banyuwangi.

“Ijinkan saya pamit maju menjadi calon Bupati Banyuwangi,” kata Gus Makki saat berdialog pada Minggu Malam 20 Oktober 2024.

Menurut Gus Makki, banyak kedekatannya dengan lintas agama ini telah dibangun sejak lama

Ketua PCNU Banyuwangi periode 2018-2023 ini tak lain adalah menjaga rasa kerukunan bangsa. Dimana aksinya itu merupakan cerminan dari ketaatan masyarakat dalam beragama.

“Jika kita harmonis maka kehidupan berbangsa, kerukunan dan gotong royong. Semuanya kita rangkul demi pembangunan Banyuwangi ini,” tegasnya.

“Mari kita jaga toleransi ini demi kerukunan bersama,” tambah pengasuh Ponpes Bahrul Hidayah Parijatah Kulon, Kecamatan Srono ini.

Sementara itu, Ketua Vihara Dhamma Agus Suyanto mengatakan jika kedatangan Gus Makki merupakan silaturahmi dan berpamitan maju menjadi Bupati Banyuwangi.

Menurutnya, sosok Gus Makki ini adalah seorang yang sangat toleransi antar umat beragama di Banyuwangi.

“Secara pribadi saya menilai, Gus Makki merupakan tokoh muslim yang nasionalis,” ucap Agus.

Demi kemajuan Banyuwangi, Agus menyebut akan mendukung Gus Makki atas pencalonannya maju menjadi orang nomer satu di Bumi Blambangan.

“Semoga lancar dan sukses gus hajatnya,” pesan Agus kepada Gus Makki.

Andai tahu saja, Gus Ali Makki berpasangan dengan Ali Ruchi dengan nomer urut 02. Dua sosok ini disebut-sebut sebagai paslon ALI-ALI.

Tak lupa doa kenyakinan umat Buddha tersebut sangat khidmat. Bahkan, Gus Makki diajak berkeliling di sebuah candi di area vihara yang menjadi daya tarik para umat Buddha.[]

Putri Aulia Maharani

Berita Daerah Breaking News