Tidak Seperti PPP, GPK Masih Belum Memutuskan Dukungan di Pilgub Jateng 2024.

Tidak Seperti PPP, GPK Masih Belum Memutuskan Dukungan di Pilgub Jateng 2024.

SEMARANG – Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK), organisasi sayap Partai Persatuan Pembangunan (PPP), hingga kini belum memutuskan arah dukungan untuk calon yang berkompetisi dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng) 2024.

Sebagaimana dilansir dari Espos.id, Keputusan ini disampaikan oleh Ketua GPK Jateng, Mohamad Mustafid, dalam keterangan tertulis yang diterima Espos pada Senin (21/10/2024).

“GPK, sebagai bagian dari PPP, menegaskan bahwa dukungan terhadap pasangan calon kepala daerah tidak otomatis mengikuti kandidat yang diusung oleh PPP,” ungkap Mustafid.

Ia menambahkan bahwa GPK akan mendukung calon kepala daerah yang sesuai dengan aspirasi umat. Namun, jika calon tersebut tidak mencerminkan aspirasi masyarakat atau terindikasi pragmatisme dan transaksional, GPK tidak akan ragu untuk berbeda pendapat dengan PPP.

“Contohnya, dalam Pilkada Temanggung dan Jepara, calon yang didukung GPK berbeda dari yang diusung PPP, dan itu tidak menjadi masalah bagi kami,” jelasnya.

Untuk Pilgub Jateng 2024, Mustafid mengonfirmasi bahwa GPK belum menyatakan dukungan untuk pasangan calon Andika Perkasa-Hendrar Prihadi maupun Ahmad Luthfi-Taj Yasin. Meskipun mayoritas kader cenderung mendukung Ahmad Luthfi-Taj Yasin, yang juga didukung PPP. Hal itu menyusul adanya faktor kedekatan antara kader PPP dan GPK dengan Taj Yasin, putra mendiang Kiai Maimun Zubair.

Namun, beberapa kader masih ragu, terutama terkait komitmen Luthfi dalam memberantas peredaran minuman keras (miras) dan perjudian.

“Jika Pak Luthfi menunjukkan komitmen kuat dalam memerangi miras dan judi, GPK tidak akan ragu untuk mendukung Luthfi-Yasin,” tegasnya.

Sebagai informasi, Muhammad Mustafid kembali dipercaya memimpin GPK Jateng setelah sebelumnya sempat digantikan oleh Haizul Ma’arif sebagai Plt Ketua Pengurus Wilayah (PW) GPK Jateng. Pergantian tersebut terjadi akibat dinamika politik di tubuh PPP menjelang Pemilu 2024.

Setelah Pemilu 2024, Mustafid kembali terpilih sebagai Ketua PW GPK Jateng periode 2021-2026, sesuai dengan SK Kemenkumham Nomor AHU-0001500.AH.01.08 Tahun 2024, serta perubahan SK nomor 009/SKEPPP.GPK/X/2024 tentang Perubahan Susunan Pengurus Pimpinan GPK Jateng.[]

 

Putri Aulia Maharani

Berita Daerah Breaking News