Bagindas Meriahkan Sebulu Festival 2023

Bagindas Meriahkan Sebulu Festival 2023

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin resmi membuka Sebulu Festival 2023

ADVETORIAL – Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rendi Solihin resmi membuka Sebulu Festival 2023 yang menghadirkan Grup Band Bagindas. Kegiatan yang diselenggarakan Sabtu (06/05/2023) di Lapangan Sutardi BA Kecamatan Sebulu ini dipadati masyarakat yang antusias menyaksikan penampilan Bagindas.

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Sebulu Edy Fahruddin, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pariwisata, Ketua Komite Ekonomi Kreatif Akbar Haka dan undangan lainnya.

Wakil Bupati (Wabup) mengatakan Sebulu Festival kembali digelar dan ini merupakan salah satu agenda pariwisata yang selalu rutin dilaksanakan di Kukar melalui program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F). Program ini merupakan program yang bertujuan untuk untuk membangkitkan kembali perekonomian masyarakat dan membangun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar terus berkembang.

“Kita tahu bahwa pasca pandemi Covid-19 sempat hampir melumpuhkan perekonomian kita. Namun dengan adanya kegiatan seperti ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat agar kembali bangkit dan stabil seperti sediakala,” ungkapnya.

Untuk itu, Pemkab Kukar terus berupaya mengadakan kembali kegiatan seperti ini. Melalui program yang disusun oleh perangkat daerah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, telah tersusun berbagai program kegiatan yang akan dilakukan. Dinas Pariwisata sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah mengimplementasikan visi misi Kukar Idaman melalui kegiatan pariwisata yang melibatkan sebanyak- banyaknya masyarakat melalui sektor UMKM dan ekonomi kreatif.

Peningkatan kapasitas sumber daya manusia pariwisata dan ekonomi kreatif harus selalu ditingkatkan. Baik melalui pelatihan, mengikuti berbagai even, baik dalam maupun luar daerah dengan mengikut sertakan para pelaku ekonomi kreatif yang ada di setiap kecamatan.

“Pada Festival ini diharapkan terjadi interaksi dan transaksi sebagai bagian dari pembinaan dan pengembangan UMKM di Kukar khususnya di Kecamatan Sebulu,” ujarnya.

Rendi menambahkan, Festival Sebulu juga diharapkan dapat memperkenalkan kepada masyarakat luas, produk pelaku ekonomi kreatif melalui media sosial maupun berbagai even yang diikuti.

“Dengan demikian dapat meningkatkan motivasi para pelaku ekonomi kreatif, untuk melakukan inovasi terhadap produknya. Termasuk meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke Kukar,” tutupnya.

Penulis: Yuliani Ramadhani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial Headlines Pemkab Kutai Kartanegara