Program Kukar Siap Kerja, Program Kukar Sambut IKN

Program Kukar Siap Kerja, Program Kukar Sambut IKN

“Tentu untuk melakukan hal tersebut pekerja konstruksi harus disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Hal ini menjadi salah satu program Dedikasi Kukar Idaman yaitu Kukar Siap Kerja, Adapun kewenangan dalam menyiapkan SDM unggul ini leading sektornya berada di Dinas Pekerjaaan Umum.”

ADVETORIAL – Dalam rangka menyambut Ibu Kota Nusantara Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) berupaya menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Upaya ini dilakukan melalui Program Kukar Siap Kerja.

Hal ini disampaikan Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Kukar Totok Heru Subroto pada kegiatan Kesiapan Tenaga Kerja Konstruksi Ahli Muda menuju Kompeten dan Berdaya Saing, di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Senin (08/05/2023).

Totok mengungkapkan bahwa Kukar ingin berperan dan berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Baru (IKN) Nusantara maupun infrastruktur di daerah.

Asisten III Pemkab Kukar Totok Heru Subroto memberikan sambutan saat dalam kegiatan Kesiapan Tenaga Kerja Konstruksi Ahli Muda menuju Kompeten dan Berdaya Saing, di Ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Senin (08/05/2023).

“Tentu untuk melakukan hal tersebut pekerja konstruksi harus disiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Hal ini menjadi salah satu program Dedikasi Kukar Idaman yaitu Kukar Siap Kerja, Adapun kewenangan dalam menyiapkan SDM unggul ini leading sektornya berada di Dinas Pekerjaaan Umum,” ujar Totok.

Ia menyebut pada tahun 2022 Dinas PU telah melaksanakan sertifikasi tenaga kerja terampil di Kecamatan Sangasanga (39 orang) dan Tenggarong (89 orang). Sedangkan pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja terampil untuk Tahun 2023 akan diadakan kegiatannya di 5 kecamatan yaitu Tabang (55 orang), Muara Muntai (85 orang), Tenggarong (50 orang), Tenggarong Seberang (60 orang), dan Kota Bangun (50 orang).

Totok mengungkapkan sebagai Mitra IKN merupakan wilayah yang berdampingan langsung dengan IKN Nusantara, tentu Kukar akan merasakan berdampak positif dalam pembangunan dan pengembangan kawasan IKN Nusantara.

“Oleh karena itu, kompetensi tenaga konstruksi perlu mendapat perhatian, karena produktivitas SDM akan mempengaruhi kinerja pembangunan infrastruktur,” tutupnya.[]

Penulis: Yuliani Ramadhani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial Headlines Pemkab Kutai Kartanegara