Gelar Selekprov, Pengprov Korfball Mencari Atlet Terbaiknya Menuju Pra-PON 2023 dan PON 2024

Gelar Selekprov, Pengprov Korfball Mencari Atlet Terbaiknya Menuju Pra-PON 2023 dan PON 2024

ADV LIPSUS – Menjelang event Pra-PON 2023 pada bulan September mendatang, Kalimantan Timur mulai mencari atlet terbaiknya.

Pengurus Persatuan Korfball Seluruh Indonesia Provinsi Kalimantan Timur (PKSI Kaltim), telah menggulirkan pelaksanaan Selekprov pada tanggal 1-3 Juli 2023, di Depan Gedung eks Hotel Atlet, Komplek GOR Kadrie Oening, Sempaja, Kota Samarinda.

Perwakilan Bidang Organisasi KONI Kaltim Sofyan Gafur mengungkapkan, seleksi Korfball ini diikuti sebanyak 24 atlet daerah yang terbagi menjadi 12 atlet putri dan 12 laki-laki. Mereka akan dipertandingkan untuk dipilih sekitar 6 orang di masing-masing gender.

Terdapat tiga nomor yang dipertandingkan di antaranya kelas K8, K4, satu tiang dan K4 dua tiang.

“Terdiri dari 24 atlet terbagi jadi 12 cewek dan 12 cowok, jadi terseleksi 12 untuk 6 cewek dan 6 cowok yang kita ambil, karna kita dibatasi dari sana,” ungkap Sofyan.

“Kalau K4 1 tiang itu sudah merupakan kebiasaan kita untuk menjuarai secara nasional. Cuma untuk K8 kami mencoba untuk meningkatkan dari prestasi yang biasa perak atau perunggu, kami coba tingkatkan untuk ke medali emas. Karena memang di antara se-Indonesia atau luar Jawa, Kaltim masih di posisi peringkat atas,” lanjutnya.

Setelah seleksi, atlet Korfball ini perlu mengikuti tes fisik yang dilakukan oleh Binpres KONI Kaltim pada 8 Juli 2023 nanti. Kemudian untuk Pra PON akan diikuti sebanyak 12 provinsi se-Indonesia, dan hanya akan diambil 6 saja. Mengingat tuan rumah Aceh dan Sumut mendapatkan wild card kelulusan.

Penulis: Nurfaradiba | Editor : Anika Mustari Beduttang

Advertorial Headlines