Kadispora: Tunjukkan Kemampuan Terbaik

Kadispora: Tunjukkan Kemampuan Terbaik

ADV LIPSUS – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Kadispora Prov. Kaltim) Agus Hari Kesuma, berharap para delegasi Pertukaran Pelajag Antar Negara (PPAN) dan Pertukaran Pelajar Antar Provinsi (PPAP) dapat memberikan yang terbaik bagi negara, terkhusus Provinsi Kaltim.

Secara langsung, Kadispora melepas para delegasi PPAN dan PPAP untuk membaur dengan dunia pendidikan, budaya dan aspek lainnya di Negara atau Provinsi tujuan.

Baginya, hal ini merupakan satu momen yang sangat penting untuk memperlihatkan kepada Negara lain, jika terdapat salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki nilai kebudayaan dan pendidikan yang harus diakui.

Diketahui, terdapat 4 orang delegasi untuk PPAN dan PPAP tahun 2023, yang mewakili Kaltim.

Yakni, untuk PPAN di antaranya Thalita Aula Nabila yang mengikuti Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea, kemudian Hasby Yahya untuk Program Pemuda Indonesia-Singapura.

Sedangkan untuk PPAP, yakni Amos Rante Sulu dengan tujuan Kota Baru Kalimantan Selatan dan Grace Ula yang akan bertolak ke Provinsi Riau.

Pelepasan yang dilakukan di ruang kerja Kadispora Kaltim tersebut, juga didampingi oleh Kabid. Pengembangan Pemuda, Rasman Rading. Tentunya, AHK (Sapaan Agus Hari Kesuma) sangat berharap momen ini tidak di sia-siakan. Ajang penampilan akademisi, budaya dan aspek sosial di Kaltim kepada Negara maupun Provinsi lain kata dia, merupakan momen yang harus digunakan dengan sebaik-baiknya.

Ditambah, para delegasi juga perlu mempelajari aspek-aspek yang berkaitan, yang kelak akan dibawa pulang dan diterapkan di masyarakat dan Pemuda Kaltim.

“Tentu kita berharap yang terbaik. Saya berharap juga, mereka dapat menjaga nama baik Provinsi Kalimantan Timur dengan menunjukkan kemampuan baik secara akademis, skill dan seni dan budaya Kaltim termasuk memberikan keteladanan,” ucap AHK.

Tidak hanya itu, AHK juga mengingatkan kepada delegasi untuk menjaga kesehatan dan terus beribadah selama pembekalan dan pelaksanaan PPAN dan PPAP di Negara dan Provinsi tujuan.

Pelepasan diwarnai dengan suasana bahagia akan prestasi pemuda Kaltim yang mampu mendorong perkembangan pendidikan dan aspek lainnya di Kaltim.

Setelah itu, kata Agus, para delegasi diharuskan untuk mengembangkan seluruh ilmu yang didapat pasca PPAN dan PPAP nantinya.

“Setelah balik dari PPAN dan PPAP nanti ya, saya minta mereka untuk semakin aktif dan terus memberikan keteladanan kepemimpinan. Juga kepeloporan dan kewirausahaan yang kalian dapatkan selama mengikuti program untuk dilaksanakan di Kaltim. Biar kita juga maju,” tandasnya.

Penulis: Anika Mustari Baduttang | Penyunting : Nursiah

Advertorial