Deputi Otorita IKN Jadi Narasumber Diskusi Kepemudaan

Deputi Otorita IKN Jadi Narasumber Diskusi Kepemudaan

ADV LIPSUS – Deputi Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Alimuddin menjadi narasumber dalam acara diskusi kepemudaan bertema IKN Mengakselerasikan Potensi Pemuda Daerah yang digelar Akselerasi Muda Indonesia (AMI) di Gedung Olah Bebaya Lamin Etam, Jalan Gajah Mada, Samarinda, Kamis (15/05/2023).

Dalam pemaparan materinya, Alimuddin mengatakan, pemuda merupakan aset berharga bangsa dan memiliki peran strategis dalam percepatan pembangunan IKN. “Pemuda itu aset berharga, perannya strategis dalam mengakselerasi pembangunan IKN,” kata Alimuddin di hadapan peserta diskusi kepemudaan yang berjumlah sekitar 500 orang.

Dikatakan mantan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Penajam Paser Utara ini, forum diskusi seperti saat ini dapat dijadikan ajang untuk bertukar gagasan kreatif dan saling dikolaborasikan dalam rangka memecahkan berbagai permasalahan, terutama untuk memberi kontribusi dalam pembangunan IKN.

“Melalui forum diskusi ini kami berharap pemuda dapat berkolaborasi mengembangkan ide-ide kreatif,” kata Deputi bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat yang lolos seleksi mengabdi sebagai petinggi IKN setelah mengikuti seleksi dan menyisihkan 129 pelamar lainnya pada medio Januari 2023 lalu.

Dengan ide-ide kreatif, lanjut Alimuddin, maka akan bermanfaat bagi percepatan pencapaian kemajuan dan kesejahteraan bagi daerah dan masyarakat sekitar. “Wujudkan potensi untuk mencapai kemajuan dan kesejahteraan bagi daerah dan masyarakat sekitar,” kata pejabat yang punya tugas merumuskan kebijakan, pelaksanaan, pengoordinasian, pemantauan, serta pengawasan bidang sosial, budaya dan pemberdayaan masyarakat.

Dalam diskusi kepemudaan ini, hadir juga Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Agus Hari Kesuma. Mendengarkan pemaparan materi dari Alimuddin dan Agus Hari Kesuma, para peserta diskusi tampak antusias menyampaikan gagasan dan pertanyaan berkaitan dengan pembangunan IKN. Sejumlah gagasan juga ada yang menawarkan solusi inovatif untuk mengoptimalkan potensi pemuda.

Langkah-langkah strategis pun dibahas untuk memperkuat peran pemuda dalam sektor ekonomi kewirausahaan pendidikan teknologi dan bidang lainnya. Alimuddin berharap, melalui diskusi kepemudaan ini pemuda-pemudi daerah dapat terinspirasi terhubung dan berkolaborasi untuk mengakselerasikan potensi mereka yang mendorong pembangunan IKN yang berkelanjutan dan inklusif. []

Penulis: Putri Aulia Maharani | Penyunting: Nursiah

Advertorial