FOPI Kaltim Berharap Selekprov Hasilkan Atlet Terbaik

FOPI Kaltim Berharap Selekprov Hasilkan Atlet Terbaik

ADV LIPSUS – Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kalimantan Timur (Kaltim) berharap Seleksi Atlet Petanque dapat menghasilkan atlet terbaik petanque untuk mengikuti Pra-PON 2023  dan PON 2024. Kegiatan ini bertempat di bertempat di area olahraga Tennis Centre Balikpapan, Kamis (18/05/2023).

Pengurus Provinsi (Pengprov) Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Kaltim langsung segera membentuk skuad terbaiknya. untuk menghadapi Prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) di Bali pada Bulan Juli mendatang.

Ketua Pengprov FOPI Kaltim, Faridah Abdul Hadi.

Ketua Pengprov FOPI Kaltim Faridah Abdul Hadi mengatakan, ada 31 atlet dari delapan daerah yang mengikuti seleksi. Mereka adalah atlet yang telah meraih medali emas dan perak dalam edisi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022 di Berau.

Dari total tersebut, kata dia akan bersaing untuk bisa lolos ke 11 kategori yang akan dipertandingkan nanti. “Berharap, seleksi ini bisa mendapatkan atlet terbaik,” ujar Faridah Abdul Hadi.

Di prakualifikasi nanti, ia menargetkan empat nomor tanding bisa diraih untuk melaju ke PON XXI Aceh-Sumut. Target tersebut, dirasa cukup baik jika melihat perkembangan olahraga petanque yang terbilang baru jika dibanding dengan daerah lain yang sudah cukup lama. “Ini menjadi tantangan kami sebagai pengurus. Kami tetap optimis di prakualifikasi nanti,” ujarnya.

Seleksi provinsi (Selekprov) ini berlangsung dari Kamis (18/05/2023) hingga Minggu (21/05/2023) nanti, total ada delapan daerah mengirimkan atlet andalannya untuk diseleksi. Adapun delapan kabupaten tersebut yakni Balikpapan, Samarinda, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, Penajam Paser Utara, Bontang, Kutai Barat dan Berau. Minus Paser dan Mahakam Ulu karena SK kepengurusan telah berakhir dan tidak tampil di Porprov Berau lalu.

Hadir dalam kegiatan Selekprov ini Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim Agus Hari Kesuma (AHK), Kepala Dispora Balikpapan C.I. Ratih Kusuma W., Wakil Ketua I  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Ego Arifin, Anggota Wakil Ketua II Badan Pembinaan Prestasi (Bimpres) KONI Kaltim Ivert Rinaldo Walian, dan Anggota Bidang Media dan Hubungan Masyarakat (Humas) KONI Kaltim Muturidi.

Penulis: Putri Aulia Maharani | Penyunting: Nursiah

Advertorial