Anggota DPRD Kaltim Optimis Partisipasi Pemilih 2024 Meningkat

Anggota DPRD Kaltim Optimis Partisipasi Pemilih 2024 Meningkat

Suasana pencoblosan di salah satu TPS di Samarinda pada Pemilu 2019 lalu. -Foto : Istimewa-

 

PARLEMENTARIA KALTIM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) H. J. Jahidin menyatakan optimis untuk partisipasi pemilih di Kaltim pada Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2024 meningkat.

Hal itu disampaikan H J. Jahidin, anggota Komisi I DPRD Kaltim saat ditemui awak media usai menghadiri rapat Paripurna DPRD Kaltim Ke 12 di gedung B komplek perkantoran DPRD Kaltim Jalan Teuku Umar, Karang Paci, Samarinda, Senin (10/04/2023).

“Saya lihat untuk laporan KPU (Komisi Pemilihan Umum, red), baik ketika kita undang RDP (Rapat Dengar Pendapat, red) dengan Panwaslu (Panitia pengawas Pemilu, red), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu, red), dan Kesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, red) kelihatannya kesiapannya lebih matang. Saya optimis persentasi pemilih akan meningkat, minimal mencapai angka 70 persen,” ujar anggota dewan kelahiran Banti, 01 Januari 1959 ini.

Anggota Komisi I DPRD Kaltim H J. Jahidin optimis partisipasi pemilih di Kaltim pada Pemilu 2024 meningkat. -Foto : Guntur-

Terkait rendahnya partisipasi pemilih di Kaltim pada pilkada lalu, menurut Jahidin hal itu lebih disebabkan karena kondisi geografis dan wilayah pemukiman warga yang terpencar-pencar.

“Faktor yang mempengaruhi adalah kondisi geogerfis kita di Kaltim, penduduk terpencar. Sementara sarana dan prasarana masih terbatas. Ini yang menjadi keluhan bagi pelaksana Pemilu. Karena untuk pelaksaan Pemilu 2024 ini, kita mendukung dan mendorong sepenuhnya langkah-langkah yang diambil perangkat pelaksana pemilu,” katanya.

Ia menilai saat ini dilihat kinerja KPU, Kesbangpol, dan Bawaslu terlihat sudah punya persiapan yang matang, sehingga optimis partisipasi pemilih di Kaltim bisa meningkat. “Kita lihat dari kinerja teman dari KPU dan Bawaslu, saya kira lebih baik untuk kali ini,” ujarnya.

Selaku anggota legislatif Kaltim, Jahidin mengemukakan pihaknya mendukung penuh langkah KPU dan Bawaslu Kaltim dalam menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada serentak 2024. Salah satunya, mendorong lembaga eksekutif dalam alokasi anggaran untuk pemilu.

“Kita menyampaikan pada KPU jangan sangsi dengan masalah anggaran, kalau habis kita anggarkan lagi. Pemerintah punya tanggung jawab untuk memberikan dukungan sepenuhnya dalam kaitannya dengan anggaran karena tugas DPRD itu mendukung, mengawasi, dan menetapkan anggaran,” tutup wakil rakyat dari daerah pemilihan Samarinda ini. []

Penulis: Guntur Riyandi | Penyunting: Agus P Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur Headlines