Jelang HUT RI, Paskibraka Kaltim Mulai Lakukan Persiapan

Jelang HUT RI, Paskibraka Kaltim Mulai Lakukan Persiapan

ADV LIPSUS PRUDENSI.Sebanyak 38 siswa calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada peringatan HUT RI ke-78 di Provinsi Kalimantan Timur telah menjalani pendidikan dan pelatihan (diklat) untuk persiapan bertugas pada 17 Agustus 2023.

Kabid Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Rasman mengatakan dalam mengikuti pendidikan dan pelatihan (DIKLAT), calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) terhitung dari tanggal 27-31 Juli para calon anggota Paskibraka mendapatkan materi ruangan.

“Adapun Pematerinya dari ikatan alumni Lemhanas Kaltim dan Komisi Informasi, untuk materi-materinya meliputi wawasan kebangsaan sebagaimana peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) nomor 3 tahun 2022 tentang program paskibraka,” ungkapnya pada Kamis (3/7/23).

Rasman mengatakan, mulai tanggal 1 Agustus kemarin sudah materi lapangan.

“Masuk latihan fisik,mental sama formasi PBB dari mulai pagi sampai sore, malamnya di isi dengan evaluasi oleh purna paskibraka dan pelatih serta di dampingi oleh psikolog,” tuturnya.

Selama diklat, para calon paskibraka akan mendapatkan bimbingan dari tim pelatih terdiri dari 3 anggota TNI, 3 anggota Polri, 6 orang Narasumber, 2 orang Psikolog dan 2 orang tenaga kesehatan.

Penulis : Nurfaradita l Editor Ekanika

Advertorial