Sekda Kukar Hadiri Penutupan Kegiatan Karya Bakti TNI Kabupaten Kukar Tahun 2023

Sekda Kukar Hadiri Penutupan Kegiatan Karya Bakti TNI Kabupaten Kukar Tahun 2023

KUTAI KARTANEGARA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menghadiri acara penutupan Kegiatan Karya Bakti Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kukar tahun 2023, bertempat di Kelurahan Bukit Biru, Kecamatan Tenggarong Rabu (1/11/23).

Kegiatan yang ditutup oleh Kasdam VI/ Mulawarman, Brigjen TNI Susilo, turut dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kukar Abdul Rasid, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Para Camat, Lurah Bukit Biru Misri, gabungan kelompok tani (Gapoktan) Kelurahan Bukit Biru.

Sekda Kukar Sunggono, mengatakan dengan adanya pembangunan dan perbaikan sarana/prasarana di wilayah sentra pertanian bekerja sama dengan TNI, dampaknya sangat dirasakan oleh petani di wilayah tersebut.

Kerja sama dan sinergi antara Pemkab Kukar dengan TNI selama ini bukan hanya dibidang atau sektor pertanian saja, namun juga dibidang lainnya, antara lain Program Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Bedah Rumah bagi Rumah Tangga Miskin), membuka isolasi wilayah termasuk program air bersih (Program TNI Manunggal Air Bersih – TMAB).

“Kami atas nama Pemerintah Kukar dan masyarakat menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja sama selama ini dalam percepatan pembangunan di Kabupaten Kukar dan dapat terus ditingkatkan termasuk diperluas pada berbagai bidang,” ujar Sunggono.

Bantuan dan dukungan penuh dari TNI utamanya Komando Distrik Militer (KODIM) 0906/ KUTAI KARTANEGARA. Melalui kegiatan TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) maupun Karya Bhakti, TNI telah memberikan kontribusi yang sangat nyata dan dampak yang besar yang dapat dirasakan oleh petani pada beberapa wilayah kawasan pertanian.

Berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh TNI, seperti Pembangunan dan Perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) dan Jalan Produksi, Perbaikan Sistem Irigasi termasuk Pembangunan Rumah Pompa untuk mendukung Sistem Pengairan/ Irigasi, Pembangunan dan Perbaikan Jembatan dan Gorong-Gorong, dan Pembangunan dan perbaikan sarana/prasarana pendukung lainnya.

Untuk wilayah kegiatan TMMD dan Karya Bhakti TNI meliputi 5 Kecamatan yang merupakan Sentra Pertanian, yaitu: Kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Sebulu, Kecamatan Muara Kaman, Kecamatan Tenggarong, dan Kecamatan Loa Kulu.

“Kami berharap Kukar dapat menjadi Lumbung Pangan di wilayah Provinsi Kalimantan Timur termasuk utamanya di wilayah Ibu Kota Negara (IKN),” ungkap Sunggono.

Sementara Kepala staf komando daerah militer (Kasdam) VI/ Mulawarman, Brigjen TNI Susilo menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Pemkab Kukar yang sudah bekerja sama menyukseskan kegiatan ini dan personel Kodim 0906/ Kukar yang telah dapat mewujudkan pencapaian sasaran sesuai dengan rencana dan waktu yang telah ditetapkan.

“Keberhasilan pelaksanaan kegiatan Karya Bakti ini, tentu tidak terlepas dari peran dan partisipasi masyarakat yang masih memegang teguh budaya gotong royong dan musyawarah untuk mufakat serta adanya keterpaduan dan kebersamaan antara TNI, Pemda, instansi terkait dan masyarakat,” tutupnya.

Penulis : Eko Sulistyo  | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara