Dinas Kesehatan Gelar Gerakan Aksi Bergizi Serentak yang Dipusatkan di MAN 2 Kukar

Dinas Kesehatan Gelar Gerakan Aksi Bergizi Serentak yang Dipusatkan di MAN 2 Kukar

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Gerakan Aksi Bergizi serentak di 32 lokasi di seluruh Kukar dengan pusat di Lapangan MAN 2 Kukar. Tujuan utama kegiatan ini adalah menurunkan angka stunting di Kukar.

Rangkaian kegiatan Gerakan Aksi Bergizi mencakup senam bersama, makan bersama, minum obat penambah darah, dan penyebarluasan kegiatan di media sosial.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kukar, Kusnandar, menjelaskan bahwa Aksi Bergizi ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada remaja putri pentingnya minum tablet tambah darah seminggu sekali, berlatih fisik minimal 30 menit setiap hari, dan menjaga pola makan seimbang.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari peringatan Sumpah Pemuda dan Hari Kesehatan Nasional. Selain itu, ini adalah langkah dalam mengurangi angka stunting,” ungkapnya.

Ia mengatakan dipilihnya remaja putri karena mereka adalah calon ibu, dan menggantikan darah yang hilang selama menstruasi dengan tablet tambah darah penting untuk mencegah anemia, yang dapat memengaruhi nutrisi bayi selama kehamilan.

“Untuk itu upaya menurunkan angka stunting memerlukan kerja sama lintas sektor, terutama dengan pihak sekolah,” tutupnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara