Dispar Kukar Gelar Festival Tari Topeng Nusantara 2023

Dispar Kukar Gelar Festival Tari Topeng Nusantara 2023

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Pariwisata Wisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar Festival Tari Topeng Nusantara dengan tema “Mystical Mask Of Nusantara”. Festival ini dijadwalkan berlangsung di Taman Kota Raja, Tenggarong, pada 9-11 November 2023.

Festival bertujuan untuk memperkenalkan kembali Tari Topeng Kutai Kartanegara ke tingkat nasional dan melibatkan peserta dari berbagai daerah, termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo, mengatakan bahwa festival ini merupakan langkah awal untuk mengenalkan Tari Topeng Kutai Kartanegara ke tingkat nasional, dengan harapan dapat meraih apresiasi internasional di masa depan.

“Peserta dari luar daerah, seperti Solo, Cirebon, dan Ponorogo, akan berpartisipasi dengan membawa 9 orang penari dan tim koreografer.” ujarnya.

Sementara itu, Kukar sendiri akan menampilkan beberapa sanggar tari seni dan budaya dari berbagai Kecamatan, termasuk Sanggar Tari Sangkoh Piatu dan Sanggar Tari Dayak dari Desa Sungai Bawang, Kecamatan Muara Badak.

Raden Dedi, Kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, menyambut baik penyelenggaraan Festival Topeng Nusantara ini. Ia mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah dalam melestarikan dan menjaga kesenian di Kutai.

“Tari Topeng, yang memiliki nilai sakral di Keraton, dihadirkan dalam bentuk festival sebagai upaya luar biasa untuk mempromosikan dan melestarikan kesenian Kutai,” ungkapnya.

Raden Dedi berharap festival ini dapat menjadi ajang promosi daerah dan membantu meningkatkan pemahaman internasional terhadap kesenian dan kebudayaan Kutai.

“Kami juga berharap agar festival ini tidak hanya diikuti oleh Kabupaten/Kota di Nusantara, tetapi juga mendapat partisipasi internasional, membawa nama Kutai ke panggung internasional,” tutupnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara