Disbun Kaltim Dorong Kreativitas Petani Manfaatkan Limbah Perkebunan

Disbun Kaltim Dorong Kreativitas Petani Manfaatkan Limbah Perkebunan

ADVERTORIAL – Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) telah memberikan pelatihan kepada masyarakat petani di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) akhir Oktober lalu.

Saat di temui, Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kaltim Ahmad Muzakkir membenarkan dengan kegiatan pelatihan tersebut, dan para petani tersebut sangat berantusias mengikuti pelatihan kerajinan dari limbah batok kelapa menjadi beragam perkakas rumah tangga serta suvenir yang bisa di jual.

“Banyak yang telah di hasilkan dalam pembuatan kerajinan tangan tersebut, bahkan dengan adanya keahlian ini, para petani bisa menjual hasil karya tersebut, sehingga bisa menciptakan lapangan kerja baru serta penghasilan yang baru,” lanjutnya, di ruang kerjanya, Rabu (15/11/2023).

“Kita tahu bersama bahwa, pohon kelapa ini punya banyak manfaat yang bisa di gunakan untuk berbagai keperluan serta bisa menambah penghasilan dengan memanfaatkan bahan baku dari limbah batok kelapa,” ujarnya.

Ahmad Muzakkir berharap dengan adanya pelatihan ini bisa meningkatkan SDM para petani perkebunan khususnya kelapa. “Dengan harapan pula, para pekebun ini bisa lebih kreatif memanfaatkan benda lainnya yang berada di sekitar lingkungan mereka, untuk membuat bentuk benda yang memiliki nilai jual. Untuk pemasaran hasil karya mereka ini, bisa di promosikan ke media sosial, menjual di pasar, bahkan bisa pula menitipkan di Hotel terdekat dan tempat penjualan suvenir,” pungkasnya.(ADV/AJS/DISKOMINFO)

Advertorial Diskominfo Kaltim