BSB Cup 2024 Resmi Digelar, Kejurnas Bowling Siapkan Regenerasi Atlet Muda

BSB Cup 2024 Resmi Digelar, Kejurnas Bowling Siapkan Regenerasi Atlet Muda

BALIKPAPAN – Kejuaraan Bowling Tingkat Nasional (Kejurtinas) BSB Cup 2024 berlangsung di Balikpapan Super Bowling, Kompleks Balikpapan Super Block, 7-13 Oktober 2024. Sebagaimana dilansir dari TribunKaltim.co,  ajang yang digelar untuk kali kedua ini diikuti 120 atlet dari berbagai daerah dan mempertandingkan 10 kelas, seperti open mix, graded mix, trio all star nexgen, senior, single mix, hingga final 16 besar.

Pertandingan ini akan memperebutkan hadiah dengan total sebesar Rp186 juta.

Ketua Panitia Kejurnas BSB Cup 2024 yang juga menjabat sebagai General Manager Balikpapan Super Bowling and Super Kitchen, Tiyo Prima Abinowo menyampaikan, kejuaraan ini mampu meningkatkan minat olahraga bowling, khususnya di Kalimantan dan Indonesia secara umum.

“Kami berharap Kejurnas ini bisa mengembangkan dan meningkatkan minat terhadap bowling, serta melahirkan atlet-atlet muda berprestasi yang bisa menjadi generasi penerus atlet senior,” ujar Tiyo.

Acara press conference dihadiri atlet peraih medali emas PON Aceh-Sumut 2024, Jerry Ramadona dan Aldila Indryati, yang memberikan semangat kepada peserta.

Aldila menyampaikan bahwa ajang ini menjadi kesempatan penting untuk menemukan atlet-atlet baru dan memberikan motivasi bagi pemula yang ingin berprestasi.

“Kejuaraan ini biasanya digelar di Jakarta, tapi sekarang hadir di Balikpapan. Saya melihat banyak anak-anak yang tertarik belajar bowling, dan ini dapat menambah semangat bagi mereka yang baru terjun di dunia bowling,” ungkap Aldila.

Tidak hanya itu, turut hadir Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Boling Indonesia (PB PBI), Marsda (Purn) Agus Muhammad Baron.

 Ia mengapresiasi pelaksanaan BSB Cup 2024 dan berharap ajang ini bisa menjadi momentum kebangkitan bowling di Indonesia pasca pandemi.

“Bowling ini dulunya sempat mati karena Covid-19, tapi saya bangga bisa melihat langsung pelaksanaan kejuaraan ini. Kejuaraan ini bisa menjadi wadah bagi para atlet muda untuk berkembang dan berprestasi,” ujar Agus Baron.

Ia juga menyebut bahwa Kejurnas ini menjadi momen penting untuk memilih atlet yang akan dipersiapkan menghadapi SEA Games di Bangkok, Desember 2025.

“Potensi atlet kita sangat luar biasa, kita sering meraih medali emas di ajang SEA Games dan Asian Games. Saya yakin kita bisa mempertahankannya,” tambahnya.

Dengan pelaksanaan BSB Cup 2024, diharapkan lahirny atlet-atlet muda berbakat yang dapat membawa nama Indonesia di kancah internasional sekaligus mendukung perkembangan bowling sebagai salah satu cabang olahraga berprestasi di tanah air.[]

Putri Aulia Maharani

Berita Lainnya Serba-Serbi