Mekanisme Hibah Berubah, Dukungan Dana Pra PON Jadi Kecil

Mekanisme Hibah Berubah, Dukungan Dana Pra PON Jadi Kecil

ADV LIPSUS – Mekanisme penyaluran dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada tahun anggaran 2023 ini berubah, tidak langsung masuk ke rekening KONI, melainkan melalui Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Provinsi Kaltim. Hal tersebut yang menjadi alasan mengapa dukungan dana yang diberikan kepada Persatuan Binaraga dan Fitness Indonesia (PBFI)  Provinsi Kaltim sangat minim, cuma Rp20 juta.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Ketua Umum IV KONI Kaltim Firmanuddin mewakili Ketua Umum KONI Kaltim Rusdiansyah Aras saat memberikan sambutan, sekaligus membuka Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) PBFI Kaltim di ruang rapat KONI Kaltim jalan Kusuma Bangsa, Samarinda, Sabtu (17/06/2023). “Bahwa pada tahapan kali ini kita mempunyai mekanisme berbeda dengan persiapan Pra PON yang sudah kita lalui. Sekarang ada mekanisme yang sedikit berbeda karena anggaran yang akan dikucurkan itu sangat minim,” ujar Firman, sapaan akrabnya.

Ia mengungkapkan, sekarang dana hibah masuknya ke DBON tidak langsung ke KONI Kaltim dan yang mengetahui berapa kebutuhan setiap cabang olahraga itu KONI, jika dana hibah itu langsung ke KONI, pihaknya akan memaksimalkan kepada cabang olahraga yang berpotensi meraih mendali. “Itu menjadi kendala karena yang biasa kita lakukan langsung menerima hibah itu adalah KONI Kaltim dengan begitu kita mengelola seluruh anggaran yang ada itu kita bisa optimalkan bagi olahraga yang mana kita lihat berpotensi,” terang Firman.

Persolan itu, lanjut dia tentu dapat berdampak pada prestasi atlet Kaltim di Pra PON, untuk itu pihaknya berencana mengomunikasikannya dengan Gubernur Kaltim Isran Noor. “KONI Kaltim akan berusaha mengembalikan apa yang sudah memang kita lakukan sebelumnya menyampaikan itu kepada pimpinan daerah terutama Gubernur Kaltim bahwa mohon kami diberikan keleluasaan kembali untuk mendapatkan dana hibah dikelola KONI Kaltim kembali karena kalau kita tidak mendapatkan itu kita akan kesusahan membangun prestasi,” kata Firman, dalam sambutannya.

Sebelum menutup sambutannya ia memberikan ucapan selamat dan dengan resmi membuka Rakerprov PBFI Kaltim Tahun 2023. “KONI Kaltim menyampaikan selamat atas pelaksanaan Rakerprov kali ini, raker pada hari ini merupakan hal yang sangat penting di mana raker ini akan membahas kerja-kerja prestasi PBFI Kaltim, target dan konsolidasi akan dibahas dan dipertajam dalam rapat kerja ini,” katanya sembari menutup sambutan. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial Berita Daerah