DPK Kaltim Terima 22 Buku Terbitan Mulawarman University Press

DPK Kaltim Terima 22 Buku Terbitan Mulawarman University Press

SAMARINDA – DINAS Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menambah 22 eksemplar buku dalam koleksi buku di perpustakaan umum DPK Kaltim. Ke-22 buku baru tersebut merupakan sumbangan dari penerbit Mulawarman University Press.

Buku-buku yang mayoritas karya para dosen di Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda tersebut diserahkan oleh Staf Mulawarman University Press Reni Rahayu. Buku-buku itu kemudian diterima Pustakawan Ahli Muda DPK Kaltim Patimah Irny di Kantor DPK Kaltim Jalan Ir H Juanda, Samarinda, Kamis (19/10/2023).

Irny, sapaan akrab Pustakawan DPK Kaltim, mengaku senang dengan penyerahan buku-buku terbitan Mulawarman University Press tersebut. Ia mengatakan, 22 buku yang diserahkan itu akan menambah koleksi buku bacaan di Perpustakaan DPK Kaltim.

“Buku-buku yang diberikan tentunya menambah beberapa koleksi dari beberapa genre buku. Karena yang diserahkan jumlahnya 22 buku dengan berbagai judul,” paparnya.

Ia juga berharap, langkah Mulawarman University Press dapat dijadikan contoh. Sehingga semakin banyak orang dari berbagai latar belakang di Kaltim menyumbangkan buku-buku mereka kepada DPKD Kaltim.

Ia menyampaikan bahwa sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2018 tentang Serah Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, penyerahan buku oleh penulis dan penerbit adalah merupakan prosedur yang harus dijalankan.

Sementara itu usai menyerahkan buku-bukunya, Staf Mulawarman University Press Reni Rahayu menyebutkan bahwa penyerahan buku merupakan prosedur Perpusnas yang perlu ditaati oleh setiap penerbit.

“Satu eksemplar diserahkan kepada Perpusnas dan satu eksemplar untuk Perpustakaan Daerah. Buku-buku yang kami serahkan ini mayoritas adalah karya dari akademisi. Namun penerbit juga membuka kesempatan menerbitkan buku untuk masyarakat umum bahkan sudah ada penulis dari masyarakat langsung yang sudah menerbitkan bukunya pada penerbitan kami,” ungkapnya.

Reni juga berterima kasih kepada DPK Kaltim karena proses penyerahan buku-buku tersebut tergolong mudah. Selain itu, pustakawannya juga dinilainya responsif serta disambut dengan ramah tatkala ia menyerahkan koleksi buku.

“Semoga ke depannya buku-buku dari penerbitan kami selalu diterima dengan baik oleh DPKD Kaltim dan semoga buku-buku ini membawa manfaat juga oleh pembaca,” tutupnya. * (Adv)

Penulis : Azis | Editor : Fairuzzabady

Advertorial Berita Daerah Headlines