Sambut IKN, Diskop-UKM Kukar Jalankan Beberapa Program Penguatan Kapasitas SDM Koperasi

Sambut IKN, Diskop-UKM Kukar Jalankan Beberapa Program Penguatan Kapasitas SDM Koperasi

KUTAI KARTANEGARA – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengimplementasikan sejumlah program penguatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) koperasi.

Fokus utama selama tahun 2023 adalah meningkatkan kapasitas mereka yang terlibat dalam pengelolaan koperasi. Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Koperasi Diskop-UKM Kukar, Endri Rosandi mengatakan bahwa pentingnya kapasitas SDM dalam membimbing dan mengelola koperasi.

Dia mengungkapkan bahwa koperasi, sebagai lembaga yang dimiliki oleh kelompok atau anggota, membutuhkan pengelola dengan kapasitas yang memadai untuk memastikan kelancaran operasional. “Kami akan gencar di tahun ini maupun akan datang itu, terkait dengan kapasitas SDM, karena keberhasilan koperasi sangat tergantung pada kemampuan SDM yang terlibat dalam manajemen koperasi,” ujarnya, (13/11/2023).

Untuk itu peran Diskop-UKM Kukar sebagai mitra Kawasan Ekonomi Khusus (IKN) Nusantara. Dalam konteks ini, penguatan kapasitas pengurus koperasi menjadi krusial untuk meningkatkan daya saing masyarakat lokal di tengah persaingan dengan warga pendatang yang mungkin bermigrasi ke IKN Nusantara.

Oleh karena itu, penguatan kapasitas SDM lokal dianggap sebagai langkah strategis untuk memastikan masyarakat setempat mampu bersaing secara sehat dengan para pendatang. “Saat IKN berada di sebagian wilayah Kaltim, persaingan akan semakin meningkat antara masyarakat lokal dan warga pendatang yang bermigrasi ke IKN Nusantara,” jelasnya.

“Apabila IKN ini datang orang banyak, kalah etam bersaing dengan orang-orang pendatang kalau SDM-nya lemah. Dan dalam dua tahun ke depan kami akan difokuskan pada penguatan kapasitas SDM, termasuk sertifikasi bagi para pengelola koperasi untuk meningkatkan daya saing masyarakat lokal,” pungkasnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Berita Daerah Pemkab Kutai Kartanegara