Lestarikan Budaya, Disdikbud  Kukar Ajak Masyarakat Sukseskan Gelaran Seni Budaya Yang Digelar di 20 Kecamatan

Lestarikan Budaya, Disdikbud Kukar Ajak Masyarakat Sukseskan Gelaran Seni Budaya Yang Digelar di 20 Kecamatan

KUTAI KARTANEGARA – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kutai Kartanegara (Kukar), Thauhid Aprilian Noor, mengajak masyarakat untuk mendukung dan sukseskan Gelaran Apresiasi Seni Budaya yang diselenggarakan oleh Disdikbud Kukar di 20 Kecamatan.

Di mana kegiatan tersebut dilaksanakan pada Bulan November – Desember 2023 sebagai upaya untuk melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan seni dan budaya tradisi lokal, sekaligus menyongsong Ibu Kota Negara (IKN). Thauhid mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi dan meramaikan acara apresiasi seni dan budaya di kecamatan masing-masing.

Kegiatan ini diharapkan dapat mengungkap dan mempromosikan kearifan lokal serta melibatkan seniman, murid, guru, dan sekolah-sekolah dalam menampilkan seni dan budaya setempat. “Karena pentingnya kegiatan budaya dalam membangun identitas daerah dan menyebut budaya sebagai bagian dari pemersatu dan penguat identitas suatu daerah,” ujarnya, (17/11/2023).

Ia mengatakan bahwa program kebudayaan yang telah dilakukan melibatkan berbagai upaya seperti mengangkat budaya Kukar melalui event-event seperti erau, festival budaya, dan pelestarian warisan tak benda.

Dengan menggelar Gelaran Apresiasi Seni Budaya di 20 kecamatan, Disdikbud Kukar berharap masyarakat dapat semakin aktif dan bergelora dalam melestarikan dan menghargai budaya setempat. “Saya ingin membangun kesadaran akan pentingnya budaya sebagai penopang identitas daerah, dengan harapan masyarakat akan semakin menggali dan menghargai kearifan lokal yang dimiliki,” tutupnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Berita Daerah Pemkab Kutai Kartanegara