Puji Setyowati: Santri Ialah Aset Bangsa

Puji Setyowati: Santri Ialah Aset Bangsa

DPRD KALTIM – Hari Santri di mata Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati punya nilai tersendiri. Ia berharap santri ke depan dapat menjadi calon pemimpin bangsa Indonesia yang dapat mengayomi masyarakat.

Hal itu disampaikan Puji Setyowati pada momentum peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Hari Santri Nasional diperingati sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015. Tema peringatan Hari Santri Nasional tahun ini adalah “Jihad Santri, Jayakan Negeri”.

“Mudah-mudahan ini menjadi sebuah penyemangat bagi kita bahwa kesantunan dan istiqomah dalam menjalankan syariat akan memberikan dampak positif terhadap demokrasi dan akan menemukan pemimpin yang bisa mengayomi seluruh bangsa Indonesia,” kata politisi dari Partai Demokrat ini kepada media ini, Minggu (22/10/2023).

Tak lupa Puji Setyowati juga memberikan ucapan Selamat Hari Santri di tahun 2023 untuk masyarakat dan para santri di Provinsi Kaltim. Menurutnya, santri merupakan Sumber Daya manusia (SDM) yang berasal dari pondok pesantren dengan memiliki ciri kekhasan yakni insan yang beriman dengan dilandaskan ilmu agama, serta menjadi aset pemimpin Kaltim. “Santri sebagai sumber daya manusia yang berakhlak mulia, beriman, berbudi pekerti yang luhur dan berjiwa insani merupakan aset bangsa yang berharga bagi kemajuan bangsa Indonesia, khususnya Kaltim dan kabupaten/kota,” ujar anggota dewan dari daerah pemilihan Samarinda ini.

Puji Setyowati juga mengatakan, Hari Santri Nasional tahun ini sangat istimewa karena bertepatan dengan bangsa Indonesia akan melaksanakan pesta demokrasi. Di mana sering disebut tahun politik yang menyebabkan suhu politik menjadi meningkat. Meski demikian, dia berharap peran para santri dapat menjadi penjaga terdepan dalam menjaga persatuan bangsa dengan berbekal ilmu agama yang diperoleh dari pondok pesantren. “Ini Hari Santri yang membahagiakan bagi kita, di saat bangsa Indonesia mendekati pesta demokrasi,” tutup wakil rakyat yang juga duduk di posisi anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim ini.

Sementara itu, Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2023 ini dipusatkan di Kota Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di Tugu Pahlawan, Minggu (22/10/2023). Peringatan Hari Santri 2023 dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sekaligus sebagai pemimpin apel. []

Penulis: Rian
Penyunting: Dita Allia Meidira

Advertorial Berita Daerah DPRD Prov. Kalimantan Timur