Bunda Fitri Ajarkan Kunci Sukses Generasi Milenial

Bunda Fitri Ajarkan Kunci Sukses Generasi Milenial

DPRD KALTIM– Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Fitri Maisyaroh mengajak generasi milenial untuk mengenal diri sendiri. Sebab kata dia, mengenali diri sendiri merupakan langkah awal dalam meraih kesuksesan di masa depan.

Demikian hal tersebut disampaikan Fitri Maisyaroh saat menjadi pembicara dalam Seminar Caracter Building garapan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kaltim. Seminar bertemakan “Kenali Dirimu dan Kejar Suksesmu” itu digelar di Hotel Mega Lestari, Balikpapan, Rabu (15/11/2023).

“Untuk meraih kesuksesan, kita harus tahu apa kelebihan dan kekurangan kita. Kita juga harus tahu apa tujuan hidup kita,” ujar Bunda Fitri, sapaannya, di hadapan ratusan pelajar dan mahasiswa yang menjadi peserta seminar.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga memberikan tips untuk mengenali diri sendiri. Salah satunya adalah dengan melakukan introspeksi diri. Introspeksi diri dapat dilakukan dengan cara merenung dan memikirkan tentang diri sendiri. “Kita juga bisa bertanya kepada orang lain yang mengenal kita dengan baik, dengan begitu, kita bisa mendapatkan feedback yang objektif tentang diri kita,” katanya.

Selain itu, legislator daerah pemilihan Balikpapan itu juga mengajak generasi milenial untuk meningkatkan kualitas diri. Peningkatan kualitas diri dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan belajar, berlatih, dan mengikuti kegiatan positif. “Jangan takut untuk mencoba hal-hal baru, dengan mencoba hal-hal baru, kita bisa belajar dan mengembangkan diri,” katanya.

Ia juga mengingatkan generasi milenial untuk selalu bersemangat dan pantang menyerah. Pantang menyerah merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan. “Semangat dan pantang menyerah harus selalu kita miliki. Kita harus percaya bahwa kita bisa mencapai apa yang kita inginkan,” pesannya.

Fitri Maisyaroh sendiri merupakan penulis buku “Be A Good Person”. Buku tersebut berisi tentang motivasi dan inspirasi untuk menjadi pribadi yang baik. “Seminar ini sangat bermanfaat untuk generasi milenial. Saya berharap seminar seperti ini bisa terus digelar di daerah-daerah lain,” ucapnya.

Sebelumnya saat membuka Seminar Caracter Building “Kenali Dirimu dan Kejar Suksesmu”, Kepala Bidang Pengembangan Dispora Kaltim Rasman mewakili Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma mengatakan kegiatan tersebut bertujuan agar pemuda di Kaltim dapat memiliki karakter yang membanggakan. “Kegiatan ini dilaksanakan bagi kalangan pemuda di Balikpapan, Kaltim dengan tujuan agar pemuda memiliki karakter pejuang, attitude, bisa mengenali dirinya baik terhadap kemampuan kepemimpinan, kepeloporan dan bisa sukses sesuai dengan bidang usahanya,” kata Rasman.

Sementara narasumber lain dalam seminar itu, Nurdiansyah, SP, CPS mengapresiasi kegiatan tersebut dengan harapan dapat memotivasi pemuda Kaltim agar dapat mengenali potensi dirinya. “Mudah-mudahan ini bukan seminar yang pertama dan terakhir digelar Dispora Kaltim,” ujar pengamat pemuda pemegang Certified Public Speaking BNSP RI ini. []

Penulis: Riyan
Penyunting: Dita Allia Meidira

Advertorial Berita Daerah DPRD Prov. Kalimantan Timur