Kunker ke Anggana, Pastikan Penyaluran Alsintan Tepat Sasaran

Kunker ke Anggana, Pastikan Penyaluran Alsintan Tepat Sasaran

ADVETORIAL – Dalam rangka memastikan penyaluran bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) agar tepat sasaran, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Samsun melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Desa Sidomulyo, Kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Wakil rakyat yang pernah menjadi petani ini mendampingi Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyerahkan bantuan alsintan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mandiri di desa tersebut.  Alsintan yang diserahkan itu berupa excavator mini dan combine harvester, Selain itu, nelayan dan pembudidaya ikan di Anggana juga kebagian jatah bantuan cool box atau kotak es.

“Pemerintah telah memberikan perhatian terhadap petani dan nelayan berupa bantuan. Untuk itu, para petani nelayan juga seharusnya memenuhi sejumlah syarat untuk mendapatkan bantuan tersebut salah satunya dengan membuat kelompok tani atau nelayan,” ujar Samsun kepada awak media, Jumat (20/01/2023).

Menurut dia, bantuan yang diberikan pemerintah tersebut bukan untuk perorangan, melainkan dengan untuk kelompok. “Hal ini memerlukan data petani atau nelayan, karena pemerintah tidak memberi bantuan ke orang perorangan, melainkan ke kelompok,” terang Samsun.

Selain menghadiri serah terima bantuan alsintan dan cool box, Samsun juga mengikuti acara pelantikan perkumpulan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Anggana Periode 2022-2027  oleh Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah. Dalam kesempatan itu hadir pula Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Akhmad Taufik Hidayat, Kepala Dinas Pertanian Kutai Kartanegara Sutikno, dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Muslik.

Penulis: Heru Setyo Prayugo
Penyunting: Agus P. Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur