Warga Balikpapan Utara Keluhkan Sistem Zonasi

Warga Balikpapan Utara Keluhkan Sistem Zonasi

Serap Aspirasi Sigit Wibowo di Kelurahan Gunung Samarinda

PARLEMENTARIA KALTIM – Bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat terkait persoalan pembangunan, baik infrastruktur jalan raya, pendidikan maupun kesehatan, Wakil Ketua DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Sigit Wibowo melaksanakan kegiatan reses di lingkungan RT 03, Jln Strat I, Kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara, Minggu (19/2/2023).

Sigit mengaku, Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin DPRD Kaltim sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang MD3 ( MPR, DPR, DPRD dan DPD) dan peraturan DPRD Kaltim.

“Kegiatan reses ini merupakan agenda rutin DPRD Kaltim. Tujuannya untuk menyerap aspirasi terkait dengan persoalan Pembangunan di semua sektor seperti infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan dan lainnya,” kata Sigit menjelaskan terkait kegiatan tersebut.

Berbagai permasalahan warga diutarakan dalam rangkaian kegiatan Reses yang dilakukannya di Balikpapan, seperti sulit dalam mengakses pendidikan di sejumlah sekolah karena terkendala dengan sistem zonasi.

Selanjutnya, kata dia, aspirasi tersebut akan dipilah sehingga nantinya betul-betul diperjuangkan sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

“Masalah yang banyak dikeluhkan warga Balikpapan yakni masalah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), baik SD, SMP dan SMA/SMK setiap tahunnya, ” jelasnya.

Sigit menjelaskan kepada masyarakat, bahwa sistem penerimaan murid baru untuk saat ini telah mengalami perbaikan-perbaikan sistem. Di mana dulu penerimaan dilakukan berdasarkan Nilai atau NEM, hingga yang saat ini ditetapkan dalam penerimaan PPDB yakni sistem Zonasi.

“Kalau sistem Zonasi proses penerimaan peserta didik sudah mengalami perbaikan. Artinya sudah 50 berbanding 50 antara yang berprestasi dengan penerimaan berdasarkan zona,” ucapnya.

“Jadi tinggal masyarakatnya saja lagi akan menempatkan di sekolah mana anaknya, meskipun ada kawasan yang tidak memiliki sekolah, tapi itu semua sudah diatur terkait zonasinya di mana,” tutup Sigit. []

Reporter : Heru Setyo Prayugo
Penyunting : Agus P Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur Nasional