Fokus Wujudkan Indonesia Emas, Nanda Ingatkan Ancaman Stunting

Fokus Wujudkan Indonesia Emas, Nanda Ingatkan Ancaman Stunting

PARLEMENTARIA KALTIM – Peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas menuju Indonesia Emas menjadi fokus Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Ananda Emira Moeis.

“Saya fokus pada kualitas SDM. Sebab, kita menuju Indonesia Emas 2024. Dari sekarang, semua yang ada di Kota Samarinda harus benar-benar mempersiapkannya dari sekarang,” ujar Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini usai membagikan sejumlah makanan tambahan (pendamping) bagi ibu hamil di Jl DI Panjaitan, RT 67, Kelurahan Sungai Pinang Dalam, Kecamatan Sungai Pinang, Samarinda. Rabu (15/2/2023).
.
Untuk diketahui pemberian makanan pendamping bagi ibu hamil ini dibingkai dengan reses Ananda Emira Moeis masa sidang I tahun 2023 di wilayah tersebut. Dalam kesempatan itu dirinya mengajak semua pihak untuk mencegah stunting dengan memenuhi kebutuhan nutrisi anak-anak setiap harinya.

“Kita harus saling bantu dan mengingatkan agar stunting bisa sama-sama dicegah. Jangan sampai anak-anak kita stunting,” ajak politisi yang akrab disapa Nanda ini.

Menurut dia, salah satu cara mengurangi angka stanting yakni dengan memberikan asupan gisi yang bagus bagi para bayi maupun Balita, “Pemenuhan gizi anak-anak dimulai dari tahap kandungan. Makanya, makanan tambahan ibu hamil ini sangat diperlukan sebagai salah satu sumber nutrisi terbaik untuk janin dalam kandungan,” ujarnya.

Nanda menyebut, penyaluran bantuan makanan tambahan ibu hamil ini permintaan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim. Ia mengaku hingga kini dirinya sudah melakukan kunjungan ke sejumlah posyandu di Samarinda. Hasilnya sebanyak 2 ton makanan pendamping untuk balita dan ibu hamil berhasil ia berikan.

“Kemarin itu saya diminta BKKBN agar bisa membantu serta menyalurkan makanan pendamping untuk balita dan ibu hamil. Jadi, memang harus ditingkatkan kerja sama semua pihak supaya anak-anak ini tidak stunting. Makanan mereka harus bergizi, beragam, seimbang dan aman,” jelasnya.

Selain memberikan makanan tambahan ibu hamil kepada warga, ia juga memenuhi permintaan warga dengan memberikan timbangan untuk kebutuhan posyandu di Kelurahan Sungai Pinang Dalam.

“Mudah-mudahan ada rejeki, saya akan bawa timbangan untuk warga disini. Sebetulnya untuk timbangan ini, saya sudah menyampaikan ke Komisi IV DPRD Samarinda agar pemerintah kota bisa membagikan timbangan ke posyandu,” katanya.

“Saya malah ide, agar puskesmas itu juga dikasih alat USG yang canggih. Entah, tapi saya memang memprioritaskan posyandu karena itu jadi salah satu fokus saya,” sambungnya. []

Penulis : Heru Setyo Prayugo
Penyunting : Agus P Sarjono

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur Nasional