Andi Harahap Sosbang di PPU Dengan Harapan Persatuan Bangsa

Andi Harahap Sosbang di PPU Dengan Harapan Persatuan Bangsa

PARLEMTARIA KALTIM – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Komisi III, Andi Harahap, melaksanakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) di Desa Sebakung Jaya, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Minggu (5/3/2023). Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kesbangpol PPU yakni Agus Dachlan dan Dosen Fisipol Universitas Tridharma Balikpapan yakni Andi Arifin sebagai pembicara serta dimoderatori  oleh Andi Arianto. Dalam kegiatan tersebut diharapkan lapisan masyarakat dapat selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sosbang tersebut merupakan program negara sebagai upaya untuk terus menjaga semangat persatuan bangsa Indonesia”, jelas pria kelahiran Buton, 24 November 1956 ini.

Ia merasa bangga bertemu langsung dengan masyarakat, sehingga pihaknya bisa menjelaskan secara langsung dan lebih datail terkait pemahaman tentang wawasan kebangsaan.

Andi menjelaskan, Sosbang sendiri termaktub dalam empat konsensus kebangsaan yakni Pancasila adalah ideologi dan dasar negara. Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 adalah konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan bhinneka tunggal ika adalah semboyan negara. Jika masyarakat memahami dan mendalami materi ini yang disampaikan, maka dapat diyakini bahwa upaya untuk memecah belah NKRI tidak akan pernah terjadi.

“Empat konsensus inilah yang mesti kita jalankan benar-benar dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari,” ucap Andi

Ia mengharapkan sosbang ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap bangsa dan negara serta selalu menjadi dasar dan garda terdepan untuk membela NKRI.

“Kemerdekaan ini tidak mudah didapatkan. karena itu, kita harus jaga dengan setulus hati,” tegasnya.

Ia mengingatkan bahwa para pendahulu bangsa telah mengorbankan keringat, air mata bahkan nyawa untuk berdirinya negara yang besar ini.

“Kita juga harus terus tenggang rasa dan membantu secara bersama,” tutupnya.

Penulis : Heru Setyo Prayugo
Penyunting : Nursiah

Advertorial DPRD Prov. Kalimantan Timur Nasional