Hardiknas, Kukar Semarakkan Merdeka Belajar

Hardiknas, Kukar Semarakkan Merdeka Belajar

ADVERTORIAL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar upacara bendera dalam rangka Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dengan tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Bupati Kukar, Selasa (02/05/2023).

Pada upacara itu, Bupati Kukar Edi Damansyah bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Kukar H Rendi Solihin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekretaris Daerah Kukar Sunggono, para Asisten, dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kukar.

Bupati Kukar Edi Damansyah mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dan jajaran terutama para kepala sekolah yang bertugas di seluruh penjuru wilayah Kukar.

“Saya ucapkan juga pada para mitra kerja Disdikbud Kukar, Dewan Riset, Dewan Pendidikan sesuai informasi penyampaian dari BPK Perwakilan Kalimantan Timur (Kaltim), pada saat eksisting pelaksanaan audit pertanggung jawaban laporan keuangan Pemkab Kukar terhadap laporan Disdikbud khususnya 2022. Saya apresiasi karena dari catatan BPK itu jauh berubah baiknya kalau ukuran tiga tahun ke belakang secara berturut-turut,” ucap Bupati Kukar.

Tentunya ini bagian dari upaya Kepala Dinas dan jajaran untuk memperbaiki bahwa dari catatan BPK jauh kelengkapan secara administrasi khususnya terkait pertanggung jawaban dana operasional sekolah baik yang dari tingkat pusat, daerah provinsi, kabupaten khususnya Kukar itu jauh membaik.

“Harapan saya momentum Hardiknas 2023, saya minta Kepada Kepala Disdikbud dan jajaran agar terus melakukan evaluasi terhadap kegiatan program belanja yang dilakukan khususnya kegiatan 2023. Sebentar lagi kita akan melakukan perubahan anggaran APBD bersama DPRD Kukar,” ungkapnya.

Ia juga berharap item program belanja-belanja yang ada di 2023, mana kala tidak menukik kepada indikator kinerja utama itu ada dilakukan perubahan terhadap kegiatan dan belanjanya

“Ini penting, mengingat kondisi profil Pendidikan Kukar pada hari ini bagaimana berkaitan dengan angka putus sekolah, angka lama sekolah dan beberapa kinerja utamanya, standar minimal SPM Disdikbud. Sekali lagi saya ucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023,” tutupnya. []

Penulis: Yulia Ramadhani | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara