Diikuti 333 Perenang, Perebutkan 188 Medali Emas

Diikuti 333 Perenang, Perebutkan 188 Medali Emas

ADV LIPSUS – Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) cabang olahraga renang memperebutkan Piala Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023 yang digelar dari Sabtu (20/05/2023) hingga Ahad (21/05/2023) esok, diikuti sebanyak 333 perenang dari delapan kabupaten/kota se-Kaltim. Mereka berjuang, berupaya yang terbaik memperebutkan 188 medali emas dari 1832 nomor yang dipertandingkan.

Menurut Lugito Budhi, Ketua Panitia Kejurprov, Kejurprov yang bertempat di Kolam Renang Putri Junjung Buyah, Kompleks Stadion Rondong Demang, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ini digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim. Dikatakan Lugito, sapaannya, pesertanya cukup antusias, hanya dua kabupaten yang tak mengirim kontingen, yakni Kutai Barat dan Mahakam Ulu.

Kejurprov kali ini, lanjut Lugito, juga menjadi ajang untuk menyeleksi perenang terbaik yang akan dibawa ke ajang kualifikasi atau Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang rencananya digelar pertengahan Juni ini dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI yang akan dilaksanakan pada medio Agustus dan September tahun ini.

“Tujuannya untuk mengikuti Popnas nanti di Palembang pada bulan Agustus dengan seleksi untuk Pra PON. Kemudian biayanya dari sponsor Dispora Kaltim. Namanya Kejurprov Renang Piala Gubernur se-Kaltim,” terang Lugito kepada awak media saat ditemui usai pembukaan.

Lugito menyebutkan, kejuaraan ini mempertandingkan tujuh kategori nomor lomba, salah satunya ada atlet senior, sisanya adalah untuk kategori junior atau pemula, yang kebanyakan diikuti kalangan perenang pelajar. “Nomor lomba ada enam kategori kelompok umur tambah satu senior jadi ada tujuh. Itu memperebutkan 188 medali emas. Yang kategori enam itu pemula, bukan kategori usia enam tahun,” terangnya.

Lugito menjelaskan, ada sebanyak 1832 nomor lomba yang dipertandingkan. Mengingat satu atlet bisa mengikuti lebih dari satu nomor. Sehingga baginya ini akan menjadi kejuaraan yang terbesar. “Terus jumlah yang ikut bertanding nomor lombanya itu seribu delapan ratus tiga puluh dua nomor pesertanya. Jadi kalau satu orang itu main di tiga nomor ya kita hitung tiga nomor, ada juga yang empat nomor. Jadi heboh dan pesertanya banyak,” jelas Lugito.

Kejurprov Renang Piala Gubernur Kaltim ini dibuka langsung oleh Agus Hari Kesuma sebagai Kepala Dispora Kaltim, dihadiri Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim Rusdiansyah Aras dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar Didi Ramyadi. []

Penulis: Hernanda Salsabila Putri | Penyunting: Hadi Purnomo

Advertorial