Pemkab Kukar Pasang Ribuan LPJU, Rendi Solihin: Progres Capai 85 Persen

Pemkab Kukar Pasang Ribuan LPJU, Rendi Solihin: Progres Capai 85 Persen

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), melalui Dinas Perhubungan (Dishub) memasang ribuan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) agar memenuhi dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat pengguna jalan umum dengan proses pemasangan capai 85 persen dari target.  Hal ini di ungkapkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Kukar, Rendi Solihin.

Menurutnya di Tahun 2023 terdapat kurang lebih 2.450 LPJU yang terpasang di 16 kecamatan di Kukar, dari data maupun laporan yang ia terima, progres pemasangan LPJU sudah berjalan sebesar 85 persen. Dengan anggaran mencapai Rp 5,9 Miliar, proses pemasangan LPJU telah dilakukan di tujuh titik, meliputi daerah hulu, tengah dan pesisir.

“Progresnya positif ya, sekarang tinggal tiga lokasi lagi, dan diperkirakan pekan ini selesai,” ucap Rendi.

Dalam pemasangan LPJU, Dishub Kukar juga berkoordinasi dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk pengadaan daya listrik, travo dan surat kelayakan operasi yang berupa sertifikat laik fungsi  .

Pemasangan ini sendiri berlangsung satu sampai dua hari, sebagaimana diketahui, pengadaan LPJU merupakan salah satu bentuk pelayanan Pemkab Kukar ke masyarakat.

Tujuan program ini tidak hanya berfungsi untuk menerangi jalan saja, namun juga berkaitan dengan keselamatan pengendara, serta meminimalisir tindak kejahatan.

“Ini adalah bagian dari skema program Terang Kampungku. Untuk DPMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, red), mereka menangani penerangan di Desa. Disperkim (Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, red) menangani penerangan permukiman, dan untuk Dishub menangani penerangan jalan poros,” jelas Rendi.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Breaking News Pemkab Kutai Kartanegara