Perbaikan Jalan Kota Bangun – Tabang Terus Berprogres

Perbaikan Jalan Kota Bangun – Tabang Terus Berprogres

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU), kini melaksanakan pengerjaan konektivitas antar kecamatan. Salah satunya jalan poros dari Kota Bangun hingga Tabang.

Dalam pengerjaan jalan penghubung ini memerlukan anggaran hingga miliaran rupiah dan didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023.

Kepala Dinas PU Kukar Wiyono mengatakan bahwa tujuan utama perbaikan ini adalah untuk meningkatkan konektivitas wilayah, memudahkan transportasi barang dan orang, serta mengurangi kerusakan jalan.

“Perbaikan jalan ini adalah salah satu prioritas dalam peningkatan konektivitas wilayah untuk memudahkan mobilitas masyarakat, ” ungkapnya.

Ia menyebut, bahwa di tahun sebelumnya, data Dinas Pekerjaan Umum Kukar mencatat adanya 554 kilometer jalan daerah, dengan 415 kilometer di antaranya dalam kondisi baik dan 138 kilometer tidak stabil. Jalan yang tidak stabil ini akan diperbaiki secara bertahap pada tahun 2023.

Ia mengungkapkan, pemerintah daerah telah memetakan jalan-jalan yang rusak dan diutamakan untuk perbaikan melalui APBD Kukar tahun ini. Perbaikan jalan poros antar-kecamatan, seperti dari Kota Bangun hingga Tabang, dianggap sebagai prioritas karena kondisinya mulai memburuk, terutama selama musim hujan.

“Kami berharap agar perbaikan ini dapat selesai dalam tahun ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan serta menjaga infrastruktur jalan yang vital ini agar tidak semakin memburuk,” tutupnya.

Penulis : Eko Sulistyo | Penyunting : Nursiah

Advertorial Pemkab Kutai Kartanegara