Erick Thohir: BUMN Siap Sediakan Listrik dan Gas untuk IKN Sambut HUT ke-79 R

Erick Thohir: BUMN Siap Sediakan Listrik dan Gas untuk IKN Sambut HUT ke-79 R

JAKARTA – Menteri BUMN Erick Thohir memastikan pasokan energi di kantor pemerintahan IKN dilakukan oleh perusahaan negera. Suplai energi berupa jaringan listrik dari sistem pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) hingga gas di Istana Presiden, kantor Kementerian Koordinator 3 dan 4, dan rumah tapak jabatan Menteri.

Sebagaimana dilansir dari OkeNews, menurutnya, pelaksanaan tugas BUMN untuk menyiapkan fasilitas utama di kantor pemerintahan di IKN sesuai jadwal. Bahkan, fasilitas tersebut bisa digunakan saat pelaksanaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN.

“Alhamdulillah, penugasan penting yang diberikan Presiden Jokowi kepada Kementerian dan BUMN untuk menyiapkan berbagai fasilitas penting dan utama untuk kantor-kantor pemerintahan di IKN, hingga saat sesuai jadwal,” ujar Erick, dikutip Minggu (30/6/2024).

“Mulai dari Istana Presiden, rumah tapak jabatan menteri, hingga kantor kementerian koordinator 3 dan 4 sudah disuplai jaringan listrik dari PLTS dan jaringan gas,” paparnya. PT PLN (Persero), lanjut dia, tidak hanya memasok listrik untuk venue upacara HUT Kemerdekaan RI, namun juga membuat interkoneksi listrik di Kalimantan aman.

Khusus peringatan HUT Kemerdekaan RI, PLN siap menggunakan PLTS di IKN untuk mensuplai listrik sebanyak 10 MW dari kapasitas sebesar 50 MW, Gas Insulated Substation (GIS) 150 KV dengan kapasitas 2×60 MVA, jaringan transmisi, jaringan distribusi, serta sembilan unit gardu hubung hingga gardu distribusi.

Untuk kebutuhan daya total venue utama rangkaian upacara HUT RI sebesar 1,5 MW, PLN menjamin keandalan back up suplai genset. “PLN, baik melalui PLTS ataupun gardu induknya mampu memasok listrik, tak hanya untuk kebutuhan daya total untuk venue upacara HUT Kemerdekaan, tapi juga memastikan pasokan listrik interkoneksi di Kalimantan juga aman,” beber dia.

Begitu pula jaringan telekomunikasi yang menjadi tanggung jawab PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk,. Bagaimana kesiapan layanan dan infrastruktur bisa dipenuhi, sehingga HUT RI yang berlangsung di IKN dan Jakarta bisa berlangsung paralel, termasuk siaran langsung melalui TV Pool dan konsep acara yang interaktif.

Erick sendiri meninjau langsung kesiapan Pembangkit Listrik Tenaga Surya di IKN. Dalam kesempatan itu, dia juga mengunjungi Training Center PSSI, Kawasan Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM), dan Istana Presiden. []

Putri Aulia Maharani

Nasional