Pegadaian Kanwil Balikpapan Gelar Khitanan Massal Selama Libur Sekolah

Pegadaian Kanwil Balikpapan Gelar Khitanan Massal Selama Libur Sekolah

BALIKPAPAN – Ratusan anak berkumpul di aula kantor PT Pegadaian Kantor Wilayah (Kanwil) IV Balikpapan untuk mengikuti Khitanan Massal 2024, Sabtu (29/6/2024). Sebagaimana dilansir dari Kotaku, Peserta yang sudah berkumpul sejak pukul 07.30 Wita, didampingi orang tuanya masing-masing.Sementara itu, panitia telah menata 11 bilik khitanan. Masing-masing disekat dengan kain. Setelah selesai, anak-anak mendapat bingkisan dari Pegadaian.

Kepala Departemen Business and Support PT Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Yan Gustian mengatakan, Khitan Massal 2024 merupakan kegiatan rutin. “Ini tahun keempat. Dan kami bekerja sama dengan klinik-klinik Pegadaian, yakni Klinik Medika dalam pelaksanaan khitanan massal,” ujar Yan Gustian, didampingi Kepala Bagian (Kabag) Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pegadaian Kanwil IV Balikpapan Robby Chandra Hadiwiyanto.

Yan Gustian bersyukur, jumlah peserta khitanan meningkat cukup signifikan, bila dibandingkan dengan tahun lalu. Adapun pesertanya tidak hanya para nasabah Pegadaian, namun juga terbuka bagi masyarakat umum, secara gratis. “Alhamdulillah, tahun ini jumlah peserta ada 152 anak, lebih banyak dari tahun lalu,” katanya.

Ia menjelaskan, khitanan massal tahun ini tidak hanya dilaksanakan di Pegadaian Kanwil IV Balikpapan, tapi juga dilaksanakan di Pegadaian Area Tarakan, dengan jumlah pesertanya mencapai 100 anak. Sementara itu, metode khitan yang diterapkan dengan yakni menggunakan lem.

Namun berdasarkan keterangan dokter Agus Salim, yakni pakar medis yang memimpin proses khitan massal menyampaikan, adanya kemungkinan penerapan sunat dengan metode jahit, untuk anak dengan indikasi penanganan tertentu.

“Mungkin untuk yang indikasinya tidak bisa menggunakan lem sehingga harus menggunakan metode jahit,” ucap Yan Gustian. Menurutnya, panitia khitan massal sebenarnya menetapkan jumlah peserta sesuai angka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 123 Pegadaian. Namun ternyata peminat khitan massal tahun ini cukup banyak, sehingga panitia tidak membatasi jumlah pendaftar.

“Kalau jumlahnya lebih, ya memang kami berikan pelayanan ini kepada masyarakat. Jadi memang antusiasnya sangat tinggi, berbeda dengan tahun lalu,” ucapnya. Lebih jauh, Yan Gustian menerangkan adanya perubahan jadwal pelaksanaan khitanan massal. Karena biasanya dilaksanakan setiap Agustus. Menurut Yan Gustian, pelaksaan khitan massal tahun ini mengikuti arahan langsung yang dikoordinir Pegadaian kantor pusat.

“Kantor pusat melaksanakan secara serentak untuk 12 Kanwil Pegadaian seluruh Indonesia. Sebenarnya pelaksanaanya sudah dimulai sejak minggu lalu, tapi kami baru melaksanakan pekan kedua, hari ini,” pungkasnya. Orang tua peserta Khitan Massal, yakni Cut Aini menyambut baik kegiatan ini.

Ia datang sejak pagi mengantar anaknya yang bernama Mirza Aimansyah, yang berusia 10 tahun. “Menurut saya kegiatan ini sangat baik buat masyarakat. Kebetulan saya juga nasabah Pegadaian. Jadi begitu mendapat informasi Khitan Massal 2024 ini, Alhamdulillah banget,” ujar Cut Aini, yang merupakan warga Sepinggan, Balikpapan Selatan, ditemui saat menunggu anaknya yang sedang dikhitan.

Ia berharap, kegiatan ini dapat terus dilanjutkan setiap tahun. “Semoga program ini berlanjut terus dan Pegadaian bisa melaksanakan program lainnya juga, khususnya buat kaum dhuafa,” imbuhnya. []

Putri Aulia Maharani

Berita Daerah