Program Efektif untuk Cegah Anemia pada Remaja Putri Balikpapan, DKK Luncurkan Gerakan Aksi Bergizi

Program Efektif untuk Cegah Anemia pada Remaja Putri Balikpapan, DKK Luncurkan Gerakan Aksi Bergizi

BALIKPAPAN – Dinas Kesehatan Kota (DKK) menggelar Gerakan Aksi Bergizi di Balikpapan Sport and Convention Center (BSSC) Dome, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur pada Jumat 18 Oktober 2024. Sebagaimana dilansir dari TribunKaltim.co, Kegiatan ini diikuti 1.300 remaja putri, merupakan perwakilan dari SMP/MI dan SMA/SMK, yang juga berjalan di seluruh sekolah Kota Balikpapan.

Kepala DKK Balikpapan, Alwiati mengatakan, tujuan Gerakan Aksi Bergizi ini adalah program pemerintah untuk mendukung peningkatan kualitas kesehatan pada remaja putri atau siswi sekolah.

Hal ini untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap pentingnya gizi seimbang, kesehatan remaja, dan cegah anemia melalui minum tablet tambah darah.

Ada pun rangkaian pada kegiatan ini, mencakup minum tablet tambah darah, aktivitas fisik, sarapan sehat bersama, dan pemeriksaan skrining kadar hemoglobin (HB).

“Progam ini menargetkan remaja sekolah tingkat SMP dan SMA. Guna menciptakan generasi muda sehat dan bebas anemia,” kata Alwi.

Ia menerangkan, masa remaja adalah periode krusial dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, atau gerakan aksi bergizi berperan penting.

Khususnya dalam pencegahan stunting dengan fokus pada pemenuhan gizi terutama remaja putri.

Alwi menuturkan, stunting bermula dari kurangnya asupan gizi.

Sejak awal, kehidupan dapat dipastikan dengan calon ibu yang memiliki gizi, baik dari sebelum, mau pun sampai pada masa kehamilan.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi, sarapan sehat, minum tablet tambah darat, dan aktivitas fisik itu kontribusi pada pencegahan anemia.

“Sehingga persiapan kesehatan reproduksi lebih baik, dan menurunkan risiko stunting,” pungkasnya.[]

 

Putri Aulia Maharani

Berita Daerah Breaking News